Home > Strategi dan Arah Kebijakan > Strategi dan Arah Kebijakan

Strategi dan Arah Kebijakan

Strategi dan Arah Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara Periode Renstra 2017 – 2022 :

Strategi :  “Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan”

  1. Kebijakan :
  2. 1. Meningkatkan Aksesibilitas Pada Semua Jenjang Pendidikan
  3. 2. Peningkatan Peran Pelayanan Perpustakaan Sekolah dalam Peningkatan Pengetahuan Keterampilan dan
  4.     pengembangan karakter.
  5. 3. Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Potensi Unggulan Daerah dan Nuansa Agamis.
  6. 4. Pengembangan Manajemen Sekolah.

 

Untuk mencapai tujuan dan sasaran di dalam Rencana Strategis (Renstra) diperlukan strategi. Strategi adalah langkah – langkah berisikan program – program indikatif untuk mewujudkan visi dan misi.

Strategi untuk mencapai visi dan misi Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara dihasilkan dari posisi Strategis hasil analisa lingkungan yaitu S – O (Strengths – Opportunity) yang mengarah pada kekuatan atau keunggulan untuk meraih peluang dan tantangan yang ada. Rumusan strategi merupakan pernyataan yang menjelaskan bagaimana sasaran akan dicapai, yang selanjutnya diperjelas dengan serangkaian kebijakan.

Kebijakan diambil sebagai arah dalam menentukan bentuk konfigurasi program kegiatan untuk mencapai tujuan. Kebijakan dapat bersifat internal, yaitu kebijakan dalam mengelola pelaksanaan program – program pembangunan maupun bersifat eksternal yaitu kebijakan dalam rangka mengatur, mendorong dan memfasilitasi kegiatan masyarakat.

Secara umum strategi pencapaian misi pada peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan dalam upaya mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas di daerah, tidak terlepas dari aspek pendidikan baik formal maupun informal yang dapat dapat diberikan kepada masyarakat. Perhatian yang diberikan kepada bidang pendidikan merupakan investasi yang sangat berharga untuk terciptanya kemajuan suatu bangsa di masa yang akan datang, dan untuk itu maka strategi peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan serta penyediaan berbagai sarana penunjang pendidikan serta pemerataan terhadap akses pendidikan sangat dibutuhkan dalam perencanaan bidang pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *