Saturday, August 24, 2019
Home > Uncategorized > Kegiatan Pra Bursa Inovasi Desa Tahun 2018 Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara

Kegiatan Pra Bursa Inovasi Desa Tahun 2018 Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara

Pra Bursa Inovasi Desa Tahun 2018 dengan Tema Menggali Inovasi dan Membentuk Komitmen dalam Pembangunan Desa

Tim Kelompok Kerja Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) di ketua oleh Bapak Rijali Hadi, S.STP, M.AP dan Kelompok Kerja Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID) yang kali ini dihadiri oleh anggotanya (Bapak Elhami, S.Sos, M.AP, Bapak Ahadi Ilhami, S.Pd, M.Pd dan Bapak Basuki Rahman, S.Pd.SD, M.Pd) sebagai tim kelompok kerja kabupaten melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait pertukaran pengetahuan dan kegiatan inovasi melalui bursa inovasi desa, yang dilaksanakan di kecamatan Amuntai selatan untuk penguatan kapasitas dan manajemen Tim Pelaksana Inovasi Desa. Kemudian tim kabupaten juga mempersiapkan Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) profesional untuk membantu pembangunan Desa, melalui penyediaan informasi direktori dan peningkatan kapasitas P2KTD dalam bidang: 1) pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan; 2) pengembangan sumber daya manusia; 3) infrastruktur desa.

Adapun maksud pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif. Sedangkan kegiatan-kegiatan yang akan dipamerkan dalam Bursa Inovasi Desa yakni kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa yang bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa.

Tujuan dari Bursa Inovasi Desa, antara lain sebagai berikut :
1. Mendiseminasikan informasi pokok terkait Program Inovasi Desa (PID) secara umum, serta Program Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa secara khusus
2. Menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa.
3. Memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan
     masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan.
4. Membagi kegiatan inovasi yang telah di dokumentasikan dalam bentuk video maupun tulisan.
5. Membangun komitmen replikasi.
6. Menjaring inovasi yang belum terdokumentasi.

Agar proses ini berjalan lebih efektif, ada yang lebih dahulu mengadakan forum pra-bursa pada tingkat kecamatan. Para pendamping lebih dahulu mengidentifikasi kebutuhan desa dan menawarkan konsep-konsep inovatif secara global pada desa-desa dalam suatu kecamatan. Informasi yang lebih detail dan keputusan final memasukkannya dalam RKPDes dan APBDes akan disampaikan pada saat Bursa Inovasi Desa yang berlangsung di kabupaten. Sejatinya konsep penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa 2018, awalnya memang pada tingkat kecamatan. Jumlah desa pada kecamatan Amuntai Selatan sebanyak 30 desa, semoga teridentifikasi dan dilakukan verifikasi terhadap inovasi desa.

Replikasi inovasi yang lebih canggih, perlu sentuhan lembaga Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD). Secara sederhana, P2KTD adalah lembaga berbadan hukum yang menyediakan jasa keahlian teknis tertentu, bentuk dukungan teknis berupa pelatihan, konsultasi, bimbingan teknis, studi kelayakan dan pengembangan jejaring sesuai dengan kebutuhan inovasi Desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.