Wednesday, October 16, 2019
Home > Uncategorized > Pemutakhiran Akun Kepala Sekolah dan Bendahara BOS pada Dapodik

Pemutakhiran Akun Kepala Sekolah dan Bendahara BOS pada Dapodik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Katalog Sektoral Pendidikan dan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah). Keduanya diluncurkan untuk mendukung pengadaan barang dan jasa (PBJ) di sekolah dalam menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler. SIPLah dirancang untuk memanfaatkan Sistem Pasar Daring (Online Marketplace) yang dioperasikan oleh pihak ketiga. Sistem pasar daring yang dapat dikategorikan sebagai SIPLah harus memiliki fitur tertentu dan memenuhi kebutuhan Kemendikbud.

Secara teknis pengoperasian SIPLah dan aplikasi lain dalam Sistem Elektronik BOS, akan teritegrasi dengan Dapodik. Sasaran/pengguna dari aplikasi tersebut adalah Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah. Dan untuk masuk ke aplikasi SIPLah dan aplikasi lain dalam Sistem Elektronik BOS akan menggunakan akun Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah yang telah dibuat melalui Aplikasi Dapodikdasmen. Dari hasil pengecekkan data di server Dapodik, pada saat ini diketahui bahwasannya masih banyak sekolah yang belum membuat dan memutakhirkan data akun Kepala Sekolah dan akun Bendahara Sekolah serta tugas tambahannya.

Untuk itu kepada sekolah dengan segera melakukan pemutakhiran data akun Kepala Sekolah dan akun Bendahara Sekolah melalui Aplikasi Dapodikdasmen. (Daftar sekolah yang belum melakukan pemutakhiran data akun Kepala Sekolah dan akun Bendahara Sekolah dapat diunduh pada lampiran berita ini) download disini Verifikasi Akun SD-SMP Prov. Kalimantan Selatan Per Tanggal 9 Juli 2019

Tata cara untuk melakukan pemutakhiran data akun Kepala Sekolah dan akun Bendahara Sekolah, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. 1. Membuat/memutakhirkan akun dan tugas tambahan Kepala Sekolah
  • a. Login pada Aplikasi Dapodikdasmen sebagai Operator
  • b. Masuk tab GTK dan pilih/klik pada data Individu (nama) Kepala Sekolah
  • c. Klik pada tab “Penugasan” dan pilih “Buat/Ubah Akun PTK”
  • d. Silahkan membaca ketentuan dan petunjuk pengisian data akun PTK
  • e. Isikan data “username” (email), “password” dan ulangi pada “Konfirmasi Password”, kemudian “Simpan”
  • f. Selanjutnya masuk ke data rinci Kepala Sekolah, cek data tugas tambahan dan pastikan “jabatan” telah dipilih “Kepala Sekolah”, cek data nomor SK dan TMT telah diisi dengan benar. Untuk tugas tambahan yang masih aktif kolom TST harus dikosongkan.
  1. 2. Membuat/memutakhirkan akun dan tugas tambahan Bendahara Sekolah
  • a. Login pada Aplikasi Dapodikdasmen sebagai Operator
  • b. Masuk tab GTK dan pilih/klik pada data Individu (nama) Bendahara Sekolah
  • c. Klik pada tab “Penugasan” dan pilih “Buat/Ubah Akun PTK”
  • d. Silahkan membaca ketentuan dan petunjuk pengisian data akun PTK
  • e. Isikan data “username” (email), “password” dan ulangi pada “Konfirmasi Password”, kemudian “Simpan”
  • f. Selanjutnya masuk ke data rinci Bendahara Sekolah, cek data tugas tambahan dan pastikan “jabatan” telah dipilih “Bendahara BOS”, cek data nomor SK dan TMT telah diisi dengan benar. Untuk tugas tambahan yang masih aktif kolom TST harus dikosongkan.
  1. 3. Lakukan validasi dan sinkronisasi

PERHATIAN: Untuk akun Kepala Sekolah dan akun Bendahara Sekolah harus menggunakan EMAIL AKTIF/ASLI/DAPAT DIGUNAKAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.