ORIENTASI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN BAGI GURU PEMBINA PRAMUKA SMP SE-KAB.HULU SUNGAI UTARA

AMUNTAI – Kegiatan Orientasi Pendidikan Kepramukaan bagi Guru Pembina Pramuka SMP se kab HSU dilaksanakan sejak tanggal 28 Januari s.d 30 Januari 2020.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kadis Pendidikan Kab, Drs. H. Rahmat, MM dan dilanjutkan dengan pengarahan orientasi oleh Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kab HSU Drs. H. Hermani Johan, SKM, M.Kes.

Adapun materi kegiatan yang disajikan diantaranya :

  1. Permendikbud No.63 tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan di Pendidikan Dasar
  2. Struktur organisasi kepramukaan
  3. Pengenalan kesakaan
  4. Sejarah kepramukaan
  5. Makna tanda kiasan kepramukaan
  6. Lagu-lagu kepramukaan
  7. Wide game/outbond
  8. RTL

Dasar pelaksanaan kegiatan adalah kesepakatan bersama MKKS SMP, Pengawas dan Bidang Pembinaan SMP, dalam sambutannya, kepala dinas menekankan kepada pentingnya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pramuka hal yang senada dusampaikan oleh Kakwarcab Kabupaten Hulu Sungai Utara bahwa kegiatan pramuka adalah ekskul wajib yang harus dilaksanakan satuan pendidikan untuk membekali siswa dengan keterampilan hidup yang banyak diperoleh dari kegiatan pramuka.


Peserta kegiatan adalah guru pembina SMP dari 30 Perwakilan pembina putra dan 30 perwakilan pembina putri dari 30 SMP se kab HSU.
Narasumber : Kakwarcab HSU, Andalan Kwarcab HSU sekaligus pengawas SMP H.Misran BK, S.Sos, S.Pd, MM
Andalan Kwarcab HSU/pamong putri saka kencana sekaligus kepala Sekolah Rita Murtafi’ah, M.Pd
Pamong putri saka kencana Emilia Rusda, S.Pd


Pada penutupan, Kabid Pembinaan SMP menyampaikan, hendaknya guru pembina pramuka bisa menjadi model dan teladan dalam menggerakkan kegiatan di sekolah, lebih sering melakukan aktivitas pembelajaran yang membuat siswa gembira dan menciptakan sekolah yang kreatif dan menyenangkan. (Sumber berita/ Rita Murtafi’ah, M.Pd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.